Jenis-jenis jaringan komputer


Jenis-jenis Jaringan Komputer

1. LAN 

Jenis jaringan komputer yang pertama adalah LAN (Local Area Network). LAN adalah sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat dalam jarak yang hanya mencakup wilayah lokal saja biasanya berdekatan dan menggunakan kabel sebagai saluran utamanya. LAN biasanya digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dalam satu rumah, atau beberapa komputer yang tersambung dengan kabel tetapi masih dalam satu atap. LAN juga diterapkan di berbagai warnet yang menghubungkan banyak komputer ke satu server, di sebuah ruangan kantor untuk menghubungkan beberapa perangkat ke satu komputer, server, hingga printer, dan lain sebagainya.

Sebagai jaringan dengan area lokal, LAN mempunyai beberapa karakteristik yang mudah untuk diidentifikasi. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Tidak menggunakan jaringan telekomunikasi dari operator tambahan.
  • Jaringan LAN biasanya digunakan untuk kepentingan pribadi.
  • Administrasi pada jaringan LAN dilakukan melalui administrasi lokal.
  • Di dalam jaringan LAN biasanya terdapat satu komputer yang berfungsi sebagai server yang bertugas untuk mengatur sistem agar berjalan normal.


Pertanyaan: 

  • Apa saja syarat agar sebuah jaringan bisa dikatakan menjadi jaringan LAN?
  • Jelaskan area/jarak utk jaringan LAN?
  • Contoh Penerapan Teknologi Jaringan LAN?

Fungsi LAN

Jaringan LAN memiliki beberapa fungsi dan keguanaan tertentu. Berikut ini adalah fungsi dari jaringan LAN.

1. Menghubungkan 2 Komputer atau Lebih

Jaringan LAN digunakan untuk menghubungan 2 komputer atau lebih baik secara langsung ataupun media perantara. 2 komputer dapat dihubungkan langsung menggunakan kabel UTP yang tersambung di kedua komputer.

Sementara untuk menggabungkan banyak komputer, kita membutuhkan perangkat lain seperti misalnya Switch atau juga Hub.

Pertanyaan:

  • Jelaskan apa saja yang diperlukan untuk menghubungkan banyak komputer?

2. Memindahkan File dari Satu Komputer ke Komputer Lainnya

Dengan menggunakan jaringan LAN, kita tidak perlu bolak balik memasukan flash disk dari komputer 1 ke komputer lainnya. Dengan LAN kita dapat melakukan pemindahan data melalui metode sharing pada komputer.



3. Sharing Printer

Selain berbagi data, jaringan LAN juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi printer. Hal ini akan memudahkan seluruh pengguna dan menghemat biaya.

Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan membagi driverprinter yang ada di Control Panel. Setelah dibagikan (ke seluruh pengguna), printer dapat dipakai secara bersama-sama tanpa harus memindahkan komputer maupun printer.

Perihal fungsi ini mungkin kita sering melihatnya di warnet, sewa komputer dan print-an. Begitu file siap, kita dapat mencetak file sesuai pilihan printer yang tersedia.


4. LAN Chatting

Jaringan LAN dapat pula dipakai untuk mengirim pesan antar komputer pada area LAN. Aktivitas ini bahkan dapat dilakukan tanpa harus terkoneksi ke internet meskipun nantinya jaringan LAN akan tetap terlihat online.

Untuk menjalankan LAN Chatting, Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan Windows seperti winchat.exe atau menggunakan perangkat lunak LAN Chatting lainnya.


5. Remote Komputer

Melakukan aktivitas remote pada suatu komputer dapat menggunakan perangkat lunak seperti TeamViewer. Akan tetapi, perangkat lunak tersebut hanya dapat bekerja ketika komputer tersambung ke internet.

Dalam jaringan LAN, Anda dapat melakukan remote tanpa harus terkoneksi ke internet. Anda dapat memanfaatkan fitur Remote Desktop Manager/Connection yang sudah disediakan Microsoft. Anda pun dapat mengontrol komputer di dalam jaringan LAN. 



Kelebihan dan Kekurangan LAN

LAN hanya mencakup area yang kecil. Dengan cakupannya ini, tentu LAN mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari LAN.

Kelebihan LAN

  • Karena jangkauannya yang hanya mencakup area kecil, LAN tidak akan menguras terlalu banyak biaya. Selain itu, kabel yang digunakan pun tidak terlalu panjang. Ini akan lebih menghemat biaya.
  • Melalui LAN, koneksi transfer data antar node akan berlangsung dengan cepat.
  • Jaringan LAN tidak membutuhkan operator telekomunikasi untuk dapat membuat jaringan.

Kekurangan LAN

  • Luas wilayah koneksi terbatas. Hal ini karena LAN hanya mencakup area lokal saja. 


2. MAN 

Metropolitan Area Network atau MAN, seperti namanya merupakan jaringan yang digunakan untuk menghubungkan berbagai komputer atau perangkat dalam area sebuah kota. Jaringan yang jangkauannya lebih besar dari LAN ini bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan komputer di satu lembaga ke lembaga lainnya dalam satu wilayah administratif. Di dalam MAN, dibutuhkan operator telekomunikasi yang akan menjadi penghubung antar jaringan komputer.



MAN sendiri mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  • Meliputi area yang lebih luas dari LAN, yakni 10 sampai 50 km.
  • Sebuah MAN umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menyediakan pelayanan kepada pengguna.
  • MAN bertindak sebagai jaringan berkecepatan tinggi sehingga memungkinkan untuk berbagi sumber daya daerah. Hal ini pun sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama.
  • Sekalipun MAN lebih besar dari LAN, teknologi yang dipakai biasanya sama dengan LAN.



Pertanyaan: 

  • Apa saja syarat agar sebuah jaringan bisa dikatakan menjadi jaringan MAN?
  • Jelaskan area/jarak utk jaringan MAN?
  • Contoh Penerapan Teknologi Jaringan MAN

Kelebihan dan Kekurangan MAN

Jaringan man mempunyai plus minus tersendiri. Berlkut ini adalah kelebihan dan kekurangan jaringan Metropolitan Area Network atau MAN.

Kelebihan MAN

  • MAN mempunyai area jangkauan yang lebih luas dibandingkan LAN. Hal ini karena MAN dapat mencakup lingkup satu kota. Hal ini membuat komunikasi dengan jaringan MAN menjadi lebih efisien.
  • Jaringan MAN dipakai untuk mempermudah urusan bisnis. Keamanan berkomunikasi dengan jaringan MAN pun juga dinilai lebih terjaga.
  • Memiliki kecepatan transfer data yang tinggi.

Kekurangan MAN

  • Jaringan MAN sangat mungkin untuk dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab demi keuntungan pribadi atau tujuan lainnya.
  • Apabila terjadi kerusakan pada jaringan MAN, waktu yang diperlukan untuk memperbaikinya akan cukup lama. 



3. WAN 

Wide Area Network atau WAN merupakan jenis jaringan komputer yang menghubungkan beberapa perangkat, komputer, atau berbagai macam tipe jaringan lainnya (seperti LAN dan WLAN), dalam jarak jangkauan yang cukup jauh, bahkan bisa antar negara.Jaringan ini merupakan gabungan dari LAN dan MAN yang wilayahnya dipisahkan secara geografis.  Dengan WAN, data di dalam komputer yang terletak di Indonesia, misalnya, bisa ditransfer dengan mudah dan cepat ke komputer di negara lainnya, misalnya ke Amerika Serikat (AS). Contoh mudah penerapan WAN adalah jaringan internet yang umum dipakai selama ini, di mana WAN akan menghubungkan perangkat dengan sebuah komputer atau server yang di negara lain.


Membangun jaringan WAN membutuhkan kabel serat optik (fiber optic), kabel telepon, atau bisa juga menggunakan satelit. Oleh karena jangkauannya yang luas, membuat WAN memerlukan biaya yang sangat besar.

Jaringan WAN mempunyai karakteristik tersendiri, yaitu sebagai berikut:

  • Umumnya digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak dapat dihubungkan melalui jaringan LAN maupun MAN. Hal ini membuat WAN dapat digunakan secara luas.
  • Area jangkauan WAN sangat luas. Oleh karena itu, biasanya dalam WAN akan melibatkan operator telekomunikasi. Tujuannya adalah agar perangkat-perangkat dalam jaringan WAN dapat melakukan komunikasi satu sama lain.
  • Jaringan WAN dapat melakukan pertukaran paket data atau frame antar router atau switch dan jaringan LAN yang sudah dibangun.

Pertanyaan: 

  • Apa saja syarat agar sebuah jaringan bisa dikatakan menjadi jaringan WAN?
  • Jelaskan area/jarak utk jaringan WAN?
  • Contoh Penerapan Teknologi Jaringan WAN

Fungsi WAN
Sebagai jaringan komputer yang melebihi LAN dan MAN, WAN mempunyai fungsi yang cukup mentereng. Berikut adalah fungsi dari jaringan WAN.

1. Membuat Arus Komunikasi Menjadi Lebih Mudah dan Cepat
WAN merupakan jaringan yang mencakup area yang sangat luas dan mempunyai kecepatan yang mumpuni sekalipun digunakan pada wilayah yang berbeda. Dengan WAN, komunikasi dua instansi yang beda wilayah dapat berlangsung mudah dan cepat.

2. Mengintegrasikan Jaringan LAN dan MAN
WAN menghubungkan dan mengintegrasikan jaringan yang lebih kecil seperti MAN dan LAN. Ini akan mempermudah perusahaan untuk memperoleh informasi dan perkembangan terkini.

3. Menghemat Biaya Operasional
Sekalipun terlihat mahal pada instalasi, WAN dinilai sangat murah bila digunakan oleh perusahaan yang dibatasi oleh negara atau bahkan benua. Hal ini akan cocok bagi dua perusahaan yang dibatasi oleh wilayah tersebut.

4. Pengiriman Data yang Cepat
Perusahaan yang memiliki banyak kantor dengan jarak yang sangat jauh tetap mampu mengirim data dengan cepat. Inilah fungsi dari WAN yang memungkinkan perusahaan dapat mengirim data dalam waktu singkat meski terpisah sangat jauh dengan lainnya.

5. Terhindar Dari Miskomunikasi
Jaringan WAN akan mencegah terjadinya miskomunikasi sebab komunikasi itu sendiri dapat dilakukan secara real-time pada jaringan WAN.


Kelebihan dan Kekurangan WAN
Sebagai jaringan komputer dengan skala luas, tentu WAN tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan. Berikut dijelaskan kelebihan dan kekurangan WAN secara umum.

Kelebihan WAN
  • WAN memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi atau file melalui area yang lebih besar, hingga mencapai antar benua.
  • Semua orang yang terdapat pada jaringan WAN akan dapat menggunakan data yang sama.
  • WAN mempunyai sistem jaringan yang luas dan besar sehingga mampu menjangkau negara, benua, bahkan seluruh dunia.
  • Dengan memanfaatkan koneksi workstations, jaringan WAN dapat digunakan untuk berbagi resources atau sumber daya.
Kekurangan WAN
  • Karena jangkauannya yang sangat luas, sangat wajar jika WAN membutuhkan biaya operasional yang sangat tidak sedikit.
  • Dari segi pengaturan atau penyetingan, jaringan WAN lebih sulit dan rumit. Alat-alat yang diperlukan untuk membangun jaringan ini juga tidak murah.
  • Jaringan WAN membutuhkan keberadaan Firewall demi membatasi pengguna ilegal yang masuk. Selain itu, langkah ini juga bertujuan untuk membatasi user yang ingin mengganggu jaringan.
  • Skala jangkauan jaringan WAN yang luas membuat jaringan ini rentan terhadap serangan dan ancaman dari dunia luar seperti hacker.

4. PAN 

Personal Area Network (PAN) adalah jenis jaringan komputer yang biasanya menghubungkan berbagai perlengkapan elektronik milik pribadi yang dikelola oleh orang itu sendiri. Salah satu contoh sederhana dari penggunaan PAN adalah menghubungkan perangkat printer ke komputer atau menghubungkan komputer dengan speaker bluetooth, laptop, komputer, telpon, ponsel, dll.

Pertanyaan: 

  • Apa saja syarat agar sebuah jaringan bisa dikatakan menjadi jaringan PAN?
  • Jelaskan area/jarak utk jaringan PAN?

 Kelebihan jaringan PAN

  • Mudah diaplikasikan
  • Jika ada error pada perangkat bisa teridentifikasi secepatnya
  • Mendukung beberapa perangkat seperti mouse, printer, headset, dan sebagainya.
  • Tidak memerlukan peralatan khusus jaringan seperti router, switch, dan lain-lain.
Kekurangan Jaringan PAN

  • Penggunaan perangkatnya terbatas, Tidak mendukung komunikasi jarak jauh, bahkan jaringan ini belum mendukung komunikasi antar lantai dalam satu gedung.
  • Hanya bisa menghubungkan beberapa perangkat saja, tidak bisa banyak perangkat sekaligus.
  • Jangkauannya terbatas, hanya bisa menjangkau perangkat sekitar saja.
Contoh Jaringan PAN:

  • Menghubungkan perangkat komputer dengan smartphone memakai bluetooth.
  • Menghubungkan mouse dengan komputer memakai bluetooth.
  • Menghubungkan komputer dengan printer memakai bluetooth.
  • Perangkat yang dapat digunakan sebagai PAN: bluetooth, keyboard, mouse wireless.


5. WLAN 

Wireless Local Area Network (WLAN) bisa dibilang sama dengan LAN, tetapi jaringan tipe ini tidak memerlukan kabel untuk menghubungkan banyak perangkat. Melalui teknologi wireless seperti WiFi, WLAN punya fungsi sama dengan LAN, sehingga bisa digunakan untuk menyambungkan komputer, server, printer, dan lain sebagainya dalam sebuah jangkauan kecil. Contoh penggunaan WLAN adalah terhubungnya beberapa perangkat dari sejumlah rumah di area kecil, atau di satu blok komplek dengan satu jaringan WiFi. Perlu dicatat, perangkat yang ingin memanfaatkan jaringan WLAN tentunya harus sudah dibekali dengan dukungan teknologi WiFi.


Pertanyaan: 

  • Apa saja syarat agar sebuah jaringan bisa dikatakan menjadi jaringan WLAN?
  • Jelaskan area/jarak utk jaringan WLAN?
  • Contoh Penerapan Teknologi Jaringan WLAN
Komponen yang diperlukan untuk instalasi jaringan WLAN ( Wireless LAN).
  • Perangkat smartphone atau PC,
  • Access point, WLAN interface,
  • Antena.
Jaringan komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan Wireless LAN cenderung lebih bebas dan fleksibel. Sehingga, terdapat kemungkinan bahwa koneksi yang dibuat akan digunakan orang lain pula.

Oleh karena itu, terdapat beberapa mekanisme enkripsi untuk mencegah masuknya penyusup. Terdapat dua jenis enkripsi yaitu Wired Equivalent Privacy dan  WI-FI Protectet Access (WPA).

Kelebihan Jaringan Wireless LAN

1. Mobilitas Tinggi

Pengguna dapat menggunakan wireless LAN untuk memobilisasi kegiatan yang mereka lakukan. Pada zaman sekarang, penggunaan koneksi internet semakin pesat sehingga penggunaan WLAN menjadi semakin penting. Hal tersebut didukung oleh pemasangan perangkat WLAN yang tidak membutuhkan biaya yang tinggi dan dapat ditemukan di manapun.

2. Instalasi Mudah dan Murah

Jaringan WLAN dapat digunakan menjadi salah satu alternatif untuk menghubungkan perangkat smartphone dan PC. Instalasi perangkat yang dibutuhkan untuk menggunakan WLAN dapat di lakukan dengan mudah dan dalam waktu yang singkat. Dana yang diperlukan untuk memasang instalasi ini juga tidak membutuhkan biaya yang mahal.

3. Fleksibel

Fleksibel yang dimaksud disini adalah pengguna tidak perlu berdiam di suatu tempat untuk terhubung dengan jaringan WLAN. Pengguna dapat berpindah pindah tempat meskipun dalam radius tertentu. Hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan jaringan yang menggunakan kabel. Di mana Anda harus berdiam di suatu tempat untuk dapat selalu terhubung.


Kekurangan Jaringan Wireless LAN

1. Kerahasian Data Kurang Terjamin

Kerahasian data yang digunakan sangat kurang dalam penjaminannya. Meskipun terdapat sistem enkripsi data, namun tetap saja enkripsi tersebut masih bisa dijebol. Selain itu, data komunikasi berupa teks dan percakapan juga bisa disadap dengan menggunakan alat khusus.

2. Signal Sering Terganggu

Salah satu masalah yang timbul apabila menggunakan sistem WLAN adalah signal. Signal sangat sering terganggu oleh cuaca, dinding, angin, dan berbagai jenis lainnya. Karena signal yang digunakan menggunakan prinsip gelombang elektromagnetik, signal tersebut sulit melewati pembatas yang terbuat dari logam.


6. CAN 

Campus/Corporate Area Network (CAN) adalah jaringan yang menghubungkan aneka perangkat dan komputer dalam sebuah instansi pendidikan seperti sekolah, kampus, universitas, institut, dan lain sebagainya. CAN juga bisa digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat dalam satu bangunan perusahaan yang memiliki banyak ruangan. Untuk segmen sekolah, CAN sendiri biasanya digunakan untuk mempermudah proses administrasi dan akademik dari sebuah lembaga pendidikan tersebut, seperti memproses nilai, menginput performa peserta didik, dan lain sebagainya.

Pertanyaan: 

  • Apa saja syarat agar sebuah jaringan bisa dikatakan menjadi jaringan CAN?
  • Jelaskan area/jarak utk jaringan CAN?


7. SAN 

Storage-Area Network (SAN) adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer dengan sejumlah media penyimpanan (storage) berkemampuan tinggi dalam sebuah server. Sebuah perangkat bisa mengakses jaringan SAN ini, begitu juga mengambil data yang ada di dalamnya jika mereka terhubung dengan server yang menjadi jembatan untuk media penyimpanan tersebut.

Pertanyaan: 

  • Apa saja syarat agar sebuah jaringan bisa dikatakan menjadi jaringan SAN?


8. POLAN 

Jaringan POLAN (Passive Optical Local Area Network) dipakai sebagai alternatif dari LAN. Namun, alih-alih menggunakan kabel biasa, POLAN memanfaatkan kabel fiber optik untuk melancarkan proses transmisi antar perangkat. Kabel fiber optik sendiri dikenal memiliki performa yang cukup cepat untuk mentransmisikan data dari suatu perangkat ke perangkat lainnya.

Pertanyaan: 

  • Apa saja syarat agar sebuah jaringan bisa dikatakan menjadi jaringan POLAN?


9. EPN 

Enterprise Private Network (EPN) biasanya digunakan untuk menyambungkan berbagai perangkat, storage, komputer, dan lain sebagainya dalam satu perusahaan besar. Kegunaan EPN tentunya ada di segi keamanannya, sehingga jaringan EPN biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang menyimpan berbagai data krusial, seperti data pribadi pengguna. Contoh kegunaan EPN adalah menghubungkan jaringan perusahaan cabang dengan kantor pusat, mentransfer data dari bangunan di sebuah kampus ke bangunan lainnya tanpa menggunakan intenet, dan lain sebagainya.

Pertanyaan: 

  • Apa saja syarat agar sebuah jaringan bisa dikatakan menjadi jaringan EPN?


10. VPN 

Virtual Private Network (VPN) adalah suatu jaringan yang bisa digunakan untuk membuat kegiatan internet pengguna menjadi lebih aman dan tak bisa dilacak. Pasalnya, jaringan VPN memungkinkan koneksi internet pengguna terhubung ke suatu jaringan pribadi yang dimiliki suatu perusahaan atau server. Dari sana, koneksi internet atau data yang dikirim pengguna bakal diteruskan ke server atau komputer yang ingin dikomunikasikan, sehingga data seakan-akan dikirimkan dari lembaga tersebut, padahal itu dikirim oleh pengguna.

Contoh dari jaringan VPN adalah menggunakan suatu layanan VPN, seperti 1.1.1.1, NordVPN, ExpressVPN, dan lain sebagainya untuk mengakses berbagai situs web luar negeri atau website terlarang yang diblokir. 


Itulah informasi seputar jenis-jenis jaringan komputer yang biasa dipakai, semoga bermanfaat.


Sumber: 

No comments:

Post a Comment