Penerapan Program PJBL Siswa X TJKT ke SMP sebagai Bekal Kecakapan Siswa Abad 21



TJKT SMK N 8 Semarang - Siswa kelas X TJKT SMK N 8 Semarang melaksanakan kegiatan PJBL kembali ke sekolah SMP masing-masing siswa untuk menerapkan kompetensi siswa yang telah dimiliki selama belajar di kelas X.

Pembelajaran PjBL ini menggunakan proyek/kegiatan sebagai inti pembelajaran dimana peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintetis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk belajar. Target pembelajaran ini diharapkan agar siswa-siswi dapat mencapai pembelajaran dalam baik dari segi kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pendekatan yang dapat dilakukan untuk mencapai pembelajaran PjBL mencakup pedagodik, teori, teknologi, eksperimen, kontekstual dan ilmu pengetahuan tertentu.

Penerapan metode pembelajaran PjBL ini melibatkan pihak guru produktif TKJ, siswa atau kelompok siswa, dan pihak guru SMP yang dijadikan tempat PjBL oleh siswa kelas X TJKT. Siswa dan siswi diharapakan dapat merancang proses dan kerangka penyusunan kegiatan untuk menyelesaikan dan mendapatkan solusi dari permasalahan yang mereka temukan di SMP. 



Peran guru dalam program ini mencakup banyak hal dalam memonitoring kegiatan PjBL siswa yang mereka akan kerjakan, mulai dari menstimulasi pertanyaan, membantu merancang, monitoring proyek, mengarahkan metode, menganalisa hasil pekerjaan hingga membantu siswa-siswa dalam presentasi hasil bisa berupa karya ilmiah, portofolio, video laporan kegiatan dan jurnal saintifik.

Semoga dengan adanya program ini diharapkan dapat memberikan interaksi langung pada sumber masalah membuat siswa-siswa menyadari tentang permasalahan yang mereka hadapi sehingga dapat menentukan solusi apa yang bisa mereka pakai dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.



No comments:

Post a Comment