Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan dan Peluang Kerjanya



Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Teknik komputer jaringan atau dikenal juga dengan TKJ adalah program jurusan di SMK atau STM. Jurusan ini mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan komputer.

Mulai dari cara merakit komputer, melakukan instalasi program komputer serta LAN atau Local Area Network yang berhubungan dengan jaringan seperti internet.

5 Peluang Kerja Jurusan TKJ

Lulusan dari jurusan TKJ memiliki peluang yang besar untuk bekerja dalam sektor teknologi, baik itu komputer maupun jaringan. Selain itu, pilihan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi juga terbilang luas.

 Anda bisa melanjutkan S1 di Teknik Informasi, Teknik Elektro, Teknik Komputer dan masih banyak lagi. Namun, untuk masuk dalam jurusan Teknik, Anda perlu memiliki kemampuan matematika dasar dengan baik.

 Jika Anda ingin langsung bekerja setelah lulus dari jurusan ini, ada banyak jenis pekerjaan yang bisa Anda lakukan. Berikut ini lima peluang kerja dari lulusan jurusan TKJ:

1.     Administrasi Server

Anda bisa bekerja menjadi admin server untuk mengelola, mengawasi serta mengamankan jaringan server suatu komputer. Untuk bekerja di bidang ini, Anda perlu memahami jaringan dan server dengan baik.

2.     Desain Grafis

Lulusan dari jurusan TKJ juga bisa menjadi desain grafis dengan menguasai program editing foto dan video seperti Photoshop atau After Effect. Gaji dari pekerjaan ini berkisar di Rp 4 jutaan hingga Rp 8 jutaan.

3.     Programmer

Untuk menjadi programmer, lulusan TKJ perlu menguasai matematika dengan baik. Karena pekerjaan ini banyak berhubungan dengan logika serta perhitungan. Pekerjaan ini memiliki gaji sekitar Rp. 4.500.000 sampai puluhan juta rupiah.

4.     Teknisi Jaringan

Pekerjaan ini meliputi pengelolaan segala hal yang berhubungan dengan jaringan seperti kabel telepon, instalasi jaringan hingga WiFi. Biasanya, gaji dari pekerjaan ini adalah Rp. 3,5 juta hingga Rp. 4 jutaan.

5.     Teknisi Komputer

Pekerjaan yang satu ini akan selalu dibutuhkan, karena perkembangan zaman yang akan menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-hari. Kisaran gaji dari pekerjaan ini adalah Rp. 3 juta sampai dengan Rp. 5 jutaan.


Anda bisa bekerja di banyak bidang setelah lulus dari jurusan teknik komputer dan jaringan. Namun, pastikan Anda rajin praktek dan mempelajari materi dengan baik saat di sekolah ya.


Sumber: https://annibuku.com/smk-jurusan-teknik-komputer-dan-jaringan

No comments:

Post a Comment